RSS

Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif

21 Apr

Dimensi proses kognitif menurut Anderson, L.W dan Krathwohl, D. R. 2001 mencakup menghafal (remember), memahami (understand), menerapkan (apply), menganalisis (analyse), mengevaluasi (evaluate), dan membuat (create).

  1. Mengetahui. Mengingat merupakan proses kognitif paling rendah tingkatannya. Untuk mengkondisikan agar “mengingat” bisa menjadi bagian belajar bermakna, tugas mengingat hendaknya selalu dikaitkan dengan aspek pengetahuan yang lebih luas dan bukan sebagai suatu yang lepas dan terisolasi. Kategori ini mencakup dua macam proses kognitif yaitu mengenali (recognizing) dan mengingat (Widodo, 2006). Kata operasional mengetahui yaitu mengutip, menjelaskan, menggambar, menyebutkan, membilang, mengidentifikasi, memasangkan, menandai, menamai.
  2. Pertanyaan memahami (understand). Pertanyaan pemahaman menuntut siswa menunjukkan bahwa mereka telah mempunyai pengertian yang memadai untk mengorganisasikan dan menyusun materi-materi yang telah diketahui. Siswa harus memilih fakta-fakta yang cocok untuk menjawab pertanyaan. Jawaban siswa tidak sekedar mengingat kembali informasi, namun harus menunjukkan pengertian terhadap materi yang diketahuinya (Widodo, 2006). Kata operasional memahami yaitu menafsirkan, meringkas,mengklasifikasikan, membandingkan, menjelaskan, membeberkan.
  3. Mengaplikasikan (apply). Pertanyaan penerapan mencakup penggunaan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah atau mengerjakan tugas. Oleh karena itu, mengaplikasikan berkaitan erat dengan pengetahuan prosedural. Namun tidak berarti bahwa kategori ini hanya sesuai untuk pengetahuan prosedural saja. Kategori ini mencakup dua macam proses kognitif yaitu menjalankan dan mengimplementasikan (Widodo, 2006). Kata oprasionalnya melaksanakan, menggunakan, menjalankan, melakukan, mempraktekan, memilih, menyusun, memulai, menyelesaikan, mendeteksi.
  4. Menganalisis (analyze). Pertanyaan analisis menguraikan suatu permasalahan atau obyek ke unsur-unsur-unsurnya dan menentukan bagaimana saling keterkaitan antar unsur-unsur tersebut (Widodo, 2006). Kata oprasionalnya yaitu menguraikan, membandingkan, mengorganisir, menyusun ulang, mengubah struktur, mengkerangkakan, menyusun outline, mengintegrasikan, membedakan, menyamakan, membandingkan, mengintegrasikan.
  5. Mengevaluasi (evaluate). Mengevaluasi membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada. Ada dua macam proses kognitif yang tercakup dalam kategori ini adalah memeriksa dan mengkritik. Kata operasionalnya yaitu menyusun hipotesi, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, mebenarkan, menyalahkan.
  6. Membuat (create).Membuat adalah menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan. Ada tiga macam proses kognitif yang tergolong dalam kategori ini yaitu membuat, merencanakan, dan memproduksi (Widodo, 2006). Kata oprasionalnya yaitu merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, membaharui, menyempurnakan, memperkuat, memperindah, menggubah.
About these ads
 
12 Komentar

Ditulis oleh pada 21 April 2011 in Pembelajaran

 

Tag: ,

12 responses to “Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif

  1. ayip miftah ad-durach

    8 Juni 2011 at 3:38 PM

    assalamualaikum. salam kenal

    oh ya
    boleh tahu judul buku yang dikarang Widodo, 2006
    terimakasih

     
    • Kamrianti

      9 Juni 2011 at 6:19 AM

      waalaikum salam wr.wb..
      bukan buku mas ayip. tapi sebuah artikel..unduh aja pasti dapat kok…

      Widodo, A. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains: The Feature Of Teachers’ and Students’ Questions In Science Lessons, (Online), Vol. 4, No. 2, (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/4206139148.pdf, Diakses 1 Maret 2011).

       
  2. mawar

    7 Juni 2012 at 3:19 PM

    Salam kenal mba… mbak jadi apa perbedaan taksonomi bloom revisi tahun 2001 dengan sewbelumnya? bisa lebih ringkas?

     
    • kamriantiramli

      17 Juni 2012 at 10:09 AM

      tdk terlalu berbeda…hanya direvisi oleh anderson.lihat saja tingkatan taksonominya kan berbeda antara bloom dan anderson

       
  3. Lienda Fumiki Numajiri

    15 Juli 2012 at 6:10 AM

    mbk mau tnya, dmn mendapatkan bukunya anderson itu y???
    terima ksih

     
  4. ummu fauzan

    29 Juli 2012 at 3:53 PM

    thx banget ya.. ini yang kucari2 buat salah satu reverensi revisi skripsi,hehe..

     
    • kamriantiramli

      4 September 2012 at 11:03 PM

      smg bermanfaat yah…dan sukses dgn ujian skripsinya..amin

       
  5. imran

    6 Agustus 2012 at 4:30 AM

    asslmualkum.wr.wb.
    boleh tahu ngak dmana bisa didapat buku dharma yang membahasa tipe-tipe hasil belajar?

     
  6. Bianglala Everlasting

    16 Januari 2013 at 10:01 AM

    buku yang di gramedia judulna apa mbk klo boleh tau?

     
    • kamriantiramli

      17 Januari 2013 at 9:12 AM

      kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan aseseman…

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.161 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: