RSS

VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN KUALITATIF

20 Mei

Validitas merupakan derajad ketepatan antara data yang terjadi pada obyek penelitian dengan daya yang dapat dilaporkan oleh peneliti. Macam-macam validitas yaitu

  1. Validitas internal berkenaan dengan akurasi desain penelitian dengan hasil yang dicapai.
  2. Validitas eksternal berkenaan dengan derajad akurasi apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan atau diterapkan pada populasi di mana sampel tersebut diambil.

Reliabilitas berkenaan dengan derajad konsistensi dan stabilitas data atau temuan. Data dinyatakan reliabel bila peneliti sama dalam waktu yang berbeda menghasilkan data yang sama.

Untuk mendapatkan data yang valid, reliabel, dan obyektif dalam penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel, dilakukan pada sampel yang mendekati jumlah populasi dan pengumpulan serta analisis data dilakukan dengan cara yang benar. Sedangkan data atau temuan dalam penelitian kualitatif dinyatakan valid apabila tidak ada perbedaan antara yang dilaporkan peneliti dengan apa yang sesungguhnya terjadi pada obyek yang diteliti.

Uji kebsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji, validitas internal, validitas eksternal, reliabilitas, obyektivitas.

Uji kredibilitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan teknik triangulasi waktu), diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, dan member check.

Pengujian transferability berkenaan dengan pertanyaan hingga mana hasil penelitian dapat diterapkan atau digunakan dalam situasi lain. Pengujian dependability disebut relibialitas yaitu mengulangi/mereplikasi proses penelitian tersebut. Pengujian konfirmability atau uji obyektivitas penelitian yaitu obyektif bila hasil penelitian telah disepakati banyak orang.

Dirangkum dari buku Prof.Dr.Sugiyono

About these ads
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Mei 2011 in Metodologi Ilmiah

 

Tag: ,

One response to “VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN KUALITATIF

  1. dodot

    24 Januari 2012 at 2:48 AM

    terima kasih karya tulisnya

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.316 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: