RSS

Prion Viroid

18 Mar

Virus adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling misterius. Dalam keadaan sendirian atau berada pada organisme mati, dia tidak dapat hidup. Tapi jika berada pada tubuh makhluk hidup maka dia pun hidup sangat hiperaktif. Bahkan virus dapat mengendalikan atau menebengkan metabolisme dirinya pada metabolisme makhluk hidup yang ditumpangi. Pada kondisi tertentu, virus ini dapat merusak tatanan metabolisme seluler tubuh bahkan dapat membunuh makhluk hidup yang ditumpanginya. Misteri apa saja sih yang ada pada tubuh virus???

Enzim Virus
Virus dapat melakukan proses metabolisme jika berada di dalam sel inangnya. Akan tetapi, beberapa virus memiliki polimerase asam nukleat yang berfungsi mentranskrip asam nukleatnya menjadi mRNA manakala proses infeksi dimulai. Pada virus RNA misalnya Retrovirus memiliki enzim reserve transcriptase yang berfungsi menerjemahkan informasi dari RNA menjadi DNA.

Tahap perkembangbiakan virus:
1. Terjadinya interaksi antara inang dan virus. Proses interaksi terjadi jika terdapat reseptor pada permukaan sel inang. Reseptor ini berupa protein, polisakarida, dan kompleks lipoprotein polisakarida yang berfungsi sebagai tempat pencantelan virus. Namun, jika tidak terdapat reseptor tersebut, virus tidak dapat menginfeksi inangnya. Demikian pula bila sisi reseptor itu berubah, maka sel inang menjadi resisten terhadap infeksi virus. Namun virus mengalami mutasi, sehingga inang-inang yang resisten tersebut dapat terinfeksi.

Contoh reseptor phage berupa pili atau flagella, reseptor virus influenza berupa glikoprotein yang terdapat pada sel darah merah dan sel-sel membran mukosa hewan, dan poliovirus berupa lipoprotein permukaan sel. Akan tetapi virus yang tidak memiliki sisi pencantelan, virus akan masuk secara fagositosis atau endositosis.

2. Terjadinya proses penetrasi yaitu pembuatan lubang kecil pada dinding sel bakteri sehingga virus dapat memasukkan asam nukleatnya dengan bantuan enzim, misalnya lisozim yang menginfeksi beberapa bakteri.

3. Selanjutnya proses sintesis protein dan asam nukleat dirakit seiring dengan proses replikasi asam nukleat sel inang.

4. Setelah terbentuk bakteriofage baru, sel inang pecah dan fage-fage baru dilepaskan. Selanjutnya fage-fage baru tersebut mencari inang baru untuk memulai siklus hidupnya kembali. Fage-fage baru yang akan keluar dari sel inang mengandung enzim Neurominadase yang memecah ikatan glikosida pada glikoprotein dan glikolipid pada jaringan konektif sel-sel hewan.

Prion

Prion (Proteinaceous infectious particle) merupakan suatu partikel protein yang dapat menginfeksi. Tubuhnya hanya terdiri dari 100% protein tanpa asam nukleat. Prion bereplikasi dengan pengkodean gen (asam nukleat) pada kromosom inang atau kata lainnya terjadi karena modifikasi protein inang selama atau setelah protein itu disintesis. Jika terjadi kontak dengan prion maka akan mengalami misfolded (kesalahan pelipatan).

Prion tidak mudah dipotong oleh enzim protease, sehingga gen inang yang normal dapat memproduksi sejumlah copy protein patogen sendiri. Prion dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, misalnya Bovine Spongiform Encephalopaty (BSE) pada ternak atau Mad Cow diseases, Scarpie pada kambing, Kuru dan Crentzfeld-Jacob diseases pada manusia, dan BSE pada ternak dapat menginfeksi manusia mengakibatkan berbagai variasi penyakit CJD.

Viroid
Viroid merupakan molekul RNA kecil yang tidak mengkode protein, telanjang tanpa selubung protein. Viroid terdiri dari molekul RNAQ heliks tunggal (ss), berbentuk cincin tertutup dengan panjang rantai lebih kurang 360 nukleotida (massa relatif partikel 12 x 104), struktur viroid menyerupai untai ganda melalui pasangan basa antaruntai, dan memiliki bentuk sama ketika ekstraseluler dan intraseluler. Viroid adalah agen penginfeksi penyebab penyakit pada berbagai tumbuhan, misalnya pada kentang, pohon jeruk, mentimun, krisan, pohon kelapa.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Maret 2011 in Biomolekuler

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: