RSS

PENGANTAR – BIOREMEDIASI

15 Jun

Indonesia yang beriklim tropis memiliki bioma hutan yang lebih padat dari bioma daerah subtropis. Diperkirakan terdapat tiga kali lebih banyak mikroba pada ekosistem tropis daripada di ekosistem lainnya, di mana sebagian besarnya adalah sebagai pengurai (Munir, 2006).

Mikroba atau mikroorganisme merupakan organisme yang sangat renik sehingga hanya terlihat dengan bantuan mikroskop. Mikroba memberikan kontribusi dalam menyeimbangkan ekosistem alam. Tanpa mikroba yakni pengurai, dunia ini penuh dengan tumpukan bangkai. Mikroba ada yang patogen ada pula yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Mikroba berperan dalam siklus biogeokimia, penyuburan tanah, dan degradasi senyawa kimia berbahaya.

Senyawa kimia berbahaya maupun yang tidak namun bila berlebihan akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan ini didominasi oleh aktivitas manusia. Bertambahnya populasi manusia, bertambah pula pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, perlu penanganan serius. Hadirnya  teknologi alternatif untuk menjaga pelestarian lingkungan yang melibatkan mikroorganisme. Teknologi alternatif ini disebut bioremediasi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Juni 2011 in Bioteknologi

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: