RSS

Contact Hours

02 Agu

Contact hours jika diartikan adalah jam kontak, jika diartikan dalam proses pembelajaran merupakan jam-jam tertentu untuk bertemu antara guru dan siswa. Bukan hanya bertemu dalam kelas melainkan dikantin, ruang guru, maupun ditempat lain yang menyenangkan. Pertemuan di luar kelas dapat menciptakan suasana yang harmonis, menyenangkan, dan siswa memperoleh pengalaman belajar yang tak terlupakan.

Sebaik apapun metode, model pembelajaran jika tidak tercipta hubungan harmonis guru-siswa maka pembelajaran itu akan gagal atau hasil belajar siswa tidak memuaskan. Sebagian siswa baru membuka buka buku pelajarannya jika hendak dimulai PBM. Seorang guru yang profesional mesti memikirkan refleksi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswanya.

Dalam keadaan contact hours, guru dapat menanyakan dan mengungkap keadaan siswa demikian pun siswa mengajukan berbagai persoalan-persoalan dan hambatan yang sedang dihadapi. Maka terjadilah interaksi dan komunikasi yang humanistik. Pendekatan humanistik menuntut siswa untuk selalu memotivasi dirinya. Siswa yang selalu memotivasi dirinya untuk belajar dan belajar akan menyentuh sikap mental dan tingkah laku atau hal-hal yang intrinsik. Jika ditelusuri motivasi intrinsik itu lebih baik dibanding motivasi ekstrinsik.

Kegiatan informal semacam contact hours belum banyak berkembang. selain itu banyaknya hambatan-hambatan, misalnya menjadi guru sekaligus ibu rumah tangga,  menjadi guru sekaligus pengusaha, dan sebagainya. Oleh karena itu guru perlu berlaku demokratis, ramah tamah, manusiawi dan siswa berlaku sopan dan saling menghormati.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Agustus 2011 in Pembelajaran

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: