RSS

Gangguan Saat Anda Berbadan Dua

09 Agu

ANEKA GANGGUAN SAAT ANDA BERBADAN DUA
 
Tentu kalian para ibu yang pernah mendapatkan anugrah Ilahi untuk merasakan nikmatnya hamil. Kondisi hamil memiliki banyak gangguan yang muncul. Meski ada yang tidak membahayakan, namun tetap perlu diwaspadai.
Gangguan kehamilan berupa gangguan psikis maupun fisik. Gangguan psikis misalnya belum siap menerima kehamilan, khususnya pada kehamilan pertama. Sementara gangguan fisik bisa dari mual hingga darah tinggi. 
Pada trimester awal kehamilan, gangguan yang umum terjadi antara lain penciuman terganggu, mata berkunang-kunang, kepala pusing karena kurang darah, perut kembung, dsb. Pada trimester kedua, biasanya calon ibu sudah mulai tenang. Namun, memasuki trimester ketiga, calon ibu harus waspada, calon ibu harus memeriksa letak bayi. Apakah normal atau ada gejala sungsang.
Gangguan yang sering muncul selama hamil
  1. Morning Sickness yakni ditandai calon ibu mual di pagi hari. Hal ini sangat lumrah pada trimester pertama. Meski ada yang mengalaminya hingga sepanjang Sembilan bulan kehamilan. Penyebabnya adalah terjadinya peningkatan kadar hormone estrogen dan HCG (human chorignic gonadotrophine) dalam serum darah calon ibu. 
  2. Varises, biasanya terjadi di awal kehamilan. Jika ini terjadi akibat keturunan, maka calon ibu harus berhati-hati. Sebelum berangkat tidur, naikkan kaki ke atas. Selain itu atur jarak kehamilan hingga 2-3 tahun baru hamil lagi. 
  3. Diabetes, jika calon ibu menderita penyakit ini tentu dapat menggangu si bayi. Penderita diabetes harus segera dikontrol dan rajin mengonsumsi obat agar kadar gulanya stabil. 
  4. Pre-eklampsia atau keracunan kehamilan. Pre-eklampsia dibagi atas tiga yakni ringan, sedang, dan berat. Jika ditambah kejang disebut eklampsia. Jika sudah begini, diagnosanya bisa mematikan. Jika preeklampsianya berat, calon bayi bisa meninggal dalam kandungan.
  5. Susah buang air besar (sembelit), penyebabnya meningkatnya relaksasi otot-otot saluran pencernaan akibat meningkatnya hormone-hormon kehamilan. Untuk menghindarinya, makanlah makanan berserat seperti sayuran, buah, serta minum 2-3 liter sehari. 
  6. Beser atau sering buang air kecil, disebabkan karena tekanan rahim pada trimester awal. Pada trimester akhir karena tertekan kepala bayi
  7. Kaki bengkak pada kehamilan 28-36 minggu. Pencegahannya dengan mengangkat kaki ke atas sebelum tidur
  8. Susah tidur, diakibatkan calon ibu kurang hormon, tidak mau makan dan banyak pikiran.
  9. Keputihan, terjadi karena reproduksi kelenjar di sekitar kandungan. Jika cairan berwarna putih dan tidak berbau, tidak menjadi masalah. Jika cairan berwarna merah, hijau dan kuning dalam jumlah yang banyak disertai rasa gatal dan bau menjadi suatu masalah. Keputihan harus tetap diobati.
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 Agustus 2012 in Berita Terkini

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: