RSS

Ada Apa dengan Soyghurt ?

19 Mei

Soyghurt hampir sama dengan yoghurt. Yoghurt adalah bahan pangan yang berasal dari susu sapi dengan bentuk seperti bubur yang merupakan hasil fermentasi dengan menggunakan L. bulgaricus  dan S. thermophillus, sedangkan soyghurt adalah bahan pangan yang berasal dari susu kedelai dengan menggunakan L. bulgaricus  dan S. thermophillus (Kuraisy, 1999).

Menurut Buckle (1987) dalam Zahia (2003) bahwa pH susu segar berada di antara pH 6,6-6,7 dan apabila terjadi cukup banyak pengasaman oleh aktivitas bakteri, maka angka-angka ini akan menurun secara nyata dan bila pH susu naik di atas pH 6,6-6,8 dapat menyebabkan keseimbangan mineral di dalam susu.

Susu kedelai terdiri dari golongan oligosakarida dan polisakarida yang sukar digunakan secara langsung sebagai sumber energi maupun sumber karbon oleh kultur bakteri. Oleh karena itu, dalam membuat soyghurt harus ditambahkan sumber gula terlebih dahulu ke dalam susu untuk digunakan oleh bakteri asam laktat sebagai sumber energi untuk pertumbuhan sebelum menfermentasikan oligosakarida dan polisakarida dalam susu kedelai. Selain itu, penambahan susu skim ke dalam susu kedelai sebelum diinokulasi, dapat meningkatkan nilai gizi soyghurt dan memberikan hasil dengan konsistensi dan bentuk yang lebih baik (Cahyadi, 2006).

Soyghurt mengandung jutaan mikroba yang masih hidup. Jika soyghurt ini kita makan, berarti jutaan mikroba tersebut masuk ke dalam perut kita. Menurut para ahli, soyghurt merupakan pabrik dari bakteri-bakteri yang dapat memproduksi vitamin B, juga memiliki kadar protein dan kalsium lebih tinggi dari pada susu segar (Kuraisy, 1999).

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Mei 2013 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: