RSS

Komposisi Kedelai

19 Mei

Kedelai merupakan bahan makanan yang sangat berkhasiat bagi pertumbuhan dan menjaga kondisi sel-sel tubuh. Kandungan gizi dari bahan olahan yang berasal dari kacang kedelai (per 100 gram) yaitu kalori (331 g), protein (34,9 g), lemak (18,1 g), karbohidrat (34,8 g), kalsium (227 mg), fospor (582 mg), Fe (8,0 mg), Vit A (110 unit), tiamin (1,07 mg) dan 7,5 g air (Suprapto, 1992).

Biji kedelai kaya akan protein dan lemak serta beberapa bahan gizi penting lainnya, misalnya asam fitat dan lesitin. Lesitin berkhasiat sebagai obat awet muda, penguat dan mempertinggi daya tahan tubuh. Lesitin dapat pula menetralkan atau menormalkan lemak di dalam darah dalam waktu yang singkat, karena itu nilai kedelai bagi kesehatan sangat tinggi.

Kedelai mengandung protein 35%, bahkan pada varietas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40-43%. Nilai protein kedelai jika difermentasi dan dimasak akan memiliki mutu yang lebih baik dari jenis kacang-kacangan lain. Di samping itu, protein kedelai merupakan satu-satunya leguminosa yang mengandung semua asam amino esensial (jumlahnya 8 atau 10 buah apabila dimasukkan sistein dan tirosin). Meskipun kadar minyaknya tinggi (sekitar 18 %), tetapi ternyata kadar lemak jenuhnya rendah dan bebas terhadap kolesterol serta rendah nilai kalorinya. Kedelai juga dikenal paling rendah kandungan racun kimia serta residu pestisidanya dan biasa digunakan sebagai penopang kesehatan badan dan umur panjang. Kedelai banyak dikonsumsi oleh orang sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan protein hewani yang relatif lebih mahal (Cahyadi, 2006).

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Mei 2013 in Uncategorized

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: