RSS

PEMBENTUKAN BAKAL DAUN

07 Jun

PEMBENTUKAN BAKAL DAUN

Perkembangan bakal daun angiospermae terjadi di bawah protoderm dengan proses pembelahan periklinal segera diikuti pembelahan antiklinal. Terkadang protoderm membelah pun secara periklinal. Hasil pembelahan menghasilkan tonjolan kecil disebut penyangga daun. Lokasi pembelahan sel ditentukan oleh filotaksi tumbuhan yang bersangkutan. Bakal daun tumbuh menjadi lebih tinggi dengan membentuk suatu tonjolan kerucut di mana pada sisi bawah epidermis tumbuh dengan aktif sehingga menghasilkan lengkungan kea rah apeks pucuk.

Peningkatan lebar daun dimulai dari dasar daun kearah lateral sehingga mengelilingi meristem apeks yang berperan adalah pemula submarginal dengan pembelahan antiklinal secara berulang kali disebut meristem papan. di atas dasar daun, bakal daun berdiferensiasi menjadi tulang daun tengah dan dua helai daun. Pada daun yang bertangkai, tangkai berkembang di antara helai daun dan dasar daun. Tulang daun tengah bertambah tebal dengan pembelahan periklinal sehingga terjadi daerah meristem adaksial, begitu pun dengan tebalnya tangkai daun.

Jadi, pada bakal daun terdapat meristem apical di ujung, dua meristem marginal yang berhadapan di sepanjang sumbu.

Pertumbuhan awal daun di bagi menjadi dua, yakni

  1. Pertumbuhan apikal, Pertumbuhan ini terjadi di ujung oleh sel pemula apical dan mengakibatkan bakal daun menjadi lebih tinggi (panjang)
  2. Pertumbuhan marginal, Pertumbuhan ini diakibatkan oleh pemula marginal dan menghasilkan pelebaran lateral membentuk helai daun.

Pertumbuhan awal daun sebetulnya dikarenakan adanya meristem papan yang selnya mengalami pembelahan interkalar yang tersebar secara acak dan menyebabkan bertambahnya ukuran daun lalu diikuti pertumbuhan apeks dan tepi daun. Pembelahan sel sering terjadi daerah bawah apical sehingga menyebabkan bagian bawah daun melebar.

asal muasal primordium (bakal daun)

 

Gambar asal muasal bakal daun. A-D penampang memanjang, E-H penampang melintang, A-B bakal daun muncul dengan pembesaran dan pembelahan periklinal. C-D pertumbuhan bakal daun. E bakal daun sebelum inisiasi helai daun. F pertumbuhan helai daun.

pertumbuhan daun dikotil

 

Pertumbuhan Daun Dikotil

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Juni 2013 in ANTUM

 

Tag: , , , , , , , , ,

2 responses to “PEMBENTUKAN BAKAL DAUN

  1. titisswulandari

    3 Juni 2014 at 5:31 AM

    jangan lupa mampir jg.. foloww me

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: