RSS

Gangguan Kesehatan pada Bayi baru Lahir (Neonatus)

29 Agu

Tetanus neonatum

Tetanus neonatorum adalah suatu penyakit pada bayi baru lahir yang disebabkan oleh spora disebut Clostridium tetani yang masuk melalui tali pusat. Hal ini disebabkan akibat perawatan atau tindakan yang tidak memenuhi syarat kebersihan. Misalnya, pemotongan tali pusat dengan menggunakan alat yang tidak steril. Gejala yang terlihat yaitu mulut mencucu seperti mulut ikan, sering kejang disertai sianosis/pucat, suhu meningkat.

Clostridium tetani bersifat anaerob, artinya kuman hidup dan berkembang dengan pesat dalam lingkungan yang krang atau tidak mengandung oksigen. Spora ini tahan dalam air mendidih selama 4 jam, tetapi mati bila dipanaskan selama 20 menit pada suhu 121 derajat celcius (dengan autoklaf)

Omfalitis

Tali pusat yang basah dan disertai bau tidak sedap akibat bakteri Stapilokokus, streptokokus, atau bakteri lainnya. Jika tidak ditangani segera akan terjadi penyebaran ke daerah tal pusat sehingga menyebabkan kemerahan dan bengkak pada daerah tali vena pusat.

Staphylococcus  aereus  ada  dimana-mana  dan  didapat  pada masa  awal kehidupan hampir  semua  bayi,  saat  lahir  atau  selama masa perawatan.  Biasanya Staphylococcus aereus sering dijumpai pada  kulit,  saluran  pernafasan,  dan  saluran  cerna  terkolonisasi. Untuk pencegahan terjadinya  infeksi tali pusat sebaiknya tali pusat tetap  dijaga kebersihannya,  upayakan tali  pusat  agar tetap kering dan  bersih, pada saat  memandikan  di minggu  pertama  sebaiknya jangan merendam bayi langsung ke dalam air mandinya karena akan menyebabkan      basahnya tali   pusat    dan memperlambat proses pengeringan tali pusat.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29 Agustus 2014 in Akbid Madani Sinjai

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: