RSS

Gen Makhluk Hidup dapat Diubahkah???

01 Okt

Gen merupakan satuan biologis yang membawa sifat keturunan. Gen mempunyai tiga sifat dasar (1) gen mempunyai fungsi spesifik dalam sel dan organisme seutuhnya, (2) gen harus mampu menggandakan dirinya secara tepat sehingga spesifitas fungsinya selalu dipertahankan dari satu generasi ke generasi, (3) dalam keadaan normal, gen merupakan molekul yang stabil, namun dalam menghadapi perubahan lingkungan, gen dapat bersifat sensitif atau rentan sehingga dapat menimbulkan mutasi pada urutan basa nukleotidanya (Fatchiyah, biologi molekuler).
Berarti gen bersifat sensitif ini dapat diatur sedemikian rupa oleh manusia itu sendiri. Jika manusia selalu berpikir positif, maka gen dalam tubuhnya berekspresi positif dan menunjukkan kelakuan yang positif. Begitupun, jika manusia berpikir selalu hidup dalam kesuksesan, otomatis gen-gen dalam tubuhnya akan terekspresi sedemikian rupa menimbulkan jiwa yang rajin, ulet dalam bekerja.
Menurut Trina Tallei dalam tulisan diblognya (Mengubah Takdir Genetik) Gen merupakan penentu utama kesehatan kita, sehingga DNA apa pun yang diwariskan kepada kita, kita tidak dapat mengubahnya. Kenyataannya, penelitian mengenai epigenetik kontradiksi dengan premis ini. Dasar epigenetik adalah walaupun kita mewarisi serangkaian DNA yang tidak dapat diubah urutannya, kita memiliki kemampuan untuk mengaktifkan atau membungkan ekspresi gen sebagai akibat dari pengalaman hidup kita. Artinya, totalitas pengalaman hidup kita, apa yang kita pikirkan, rasakan, dan yakini, mengenai diri kita sendiri, apa yang kita makan, juga faktor-faktor eksternal lain, memberikan kontribusi yang besar terhadap ekspresi gen kita. Sekarang ini, kita bisa membayangkan bahwa kita bisa “bermain-main” dengan ekspresi gen kita, sekehendak kita, mau mengekspresikan hal-hal yang baik atau buruk, tergantung kita.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Oktober 2014 in Biomolekuler, Uncategorized

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: